Pahami Dengan Benar Konsep Diet Karnivor Yang Sedang Viral

Diet Karnivor

Diet biasanya identik dengan makan-makanan yang rendah lemak atau karbohidrat. Karena diet pada umumnya memakan makanan seperti sayur, buah dan cenderung membatasi daging-dagingan yang berlemak. Namun, ada metode diet yang justru dianjurkan memakan daging-dagingan setiap hari. Inilah yang dinamakan “diet karnivora”.


Konsep diet karnivora
Konsep diet jenis ini adalah metode diet dengan ketat yang hanya mencakup konsumsi daging, ikan, ayam, telur dan produk makanan hewani lainnya. Dalam program diet ini juga sangat menghindari makanan sayur-sayuran dan biji-bijian seperti padi, gandum dan sejenisnya.

Dr. Hans dalam channel youtubenya SB30 health memaparkan terkait sebuah penelitian yang mengatakan, bahwa pada dasarnya manusia memang tidak memerlukan serat. Hal ini karena proses pencernaan manusia berbeda demgan pencernaan hewan yang memang di desain untuk mengelola serat. Namun pendapat ini tidak sepenuhnya benar juga. Dr. Hans menambahkan bahwa diet ketat metode karnivora ini bisa bekerja untuk orang-orang yang tidak memiliki masalah ginjal dan pencernaan. Diet karnivora ini berangkat dari asumsi konvensional bahwa para nenek moyang manusia pada awalnya mengkonsumsi bahan pangan yang terbentuk dari daging-dagingan saja.


Cara menjalani diet karnivora
Cara yang harus kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam program diet karnivora ini adalah dengan konsumsi daging, ikan, telur, ayam dan susu rendah gula. Selain itu dalam diet karnivora ini sangat dianjurkan untuk memakan potongan daging yang berlemak untuk kebutuhan kalori dan energi sehari-hari. Dalam program ini juga selain menghindari produk makanan yang berbahan nabati, dianjurkan juga untuk menghindari produk minuman nabati. Hal ini membuat minuman seperti teh, kopi, susu kedelai, dll tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa diet karnivora juga tidak menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan proses tinggi seperti sosis, daging asap, beef burger dan produk fastfood daging lainnya. Hal ini karena makanan dengan proses yang tinggi membuat kandungannya berubah.

Kelebihan dan kekurangan diet karnivora
Diet dengan metode tinggi protein dan rendah karbohidrat dinilai mampu menurunkan berat badan secara signifikan. Hal ini lantaran pencernaan dapat mengolah makanan yang masuk lebih lama. Kemudian sumber protein dan lemak ini yang sifatnya tidak mudah hilang sehingga tubuh tidak mudah merasa lapar. Kekurangan diet jenis ini adalah apabila tidak terkontrol makan-makanan tinggi lemak jenuh akan menyebabkan potensi penyakit jantung. Kemudian tubuh menjadi kekurangan serat dari sejumlah makanan nabati. Terakhir metode diet ini ternyata juga memerlukan biaya yang cukup tinggi. (AND)