Gantikan Peru, FIFA Pilih Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Piala DUnia U-17

Dalam Kongres yang diadakan pada Jumat (23/6/2023) di Markas FIFA di Zurich, Swiss secara resmi diumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, menggantikan Peru. Piala Dunia U-17 akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember tahun ini, menurut jadwal yang masih diagendakan oleh FIFA.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Hal ini menunjukkan kepercayaan dunia pada Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo,” ujar Erick.

Surat resmi dari FIFA atas pemilihan ini belum diterima oleh PSSI. Namun, Erick menganggap penunjukan sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 merupakan bentuk kepercayaan Presiden FIFA Gianni Infantino kepada Indonesia.

Erick menyatakan bahwa dirinya tidak mengetahui pasti dasar pemilihan tersebut. FIFA pun tidak menjelaskan secara rinci mengapa Indonesia dipilih sebagai tuan rumah. “Selama tiga bulan terakhir, Indonesia mungkin telah menunjukkan peningkatan dalam sepakbola. Ini termasuk peningkatan infrastruktur stadion yang telah lulus uji kelayakan FIFA, kesuksesan dalam dua pertandingan Matchday FIFA melawan Palestina dan Argentina, Juara Dunia 2022 Qatar,” jelas Erick.

Erick menegaskan bahwa kepercayaan FIFA terhadap Indonesia harus dijaga dan dibuktikan dengan persiapan yang matang.

Atas pemilihan ini, ucapan selamat datang dari Presiden FIFA Gianni Infantino. “Seperti yang diumumkan pada pertemuan Dewan FIFA di hari Jumat, Indonesia akan menjadi tuan rumah turnamen FIFA U-17 World Cup tahun ini. Turnamen ini akan menjadi acara yang luar biasa, di negara yang sangat menyukai sepak bola,” ujar Gianni.

PSSI bergerak cepat untuk melakukan berbagai persiapan usai terpilih sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, mulai dari fasilitas hingga skuad yang akan diturunkan untuk bertanding. Erick menyatakan bahwa mereka akan memulai pencarian bakat muda untuk dimasukkan ke dalam skuad Garuda U-17. PSSI akan melakukan seleksi di sembilan kota atau daerah di Indonesia untuk mencari pemain yang akan berpartisipasi di Piala Dunia U-17. (BGS)