Penyanyi Indonesia Berkiprah di Kancah Internasional

penyanyi indonesia di internasional

Bakat dan kerja keras beberapa penyanyi Indonesia tidak sia-sia. Hal ini terbukti dari adanya beberapa penyanyi Indonesia yang berhasil menembus dunia musik internasional.

Anggun C. Sasmi adalah salah satu veteran penyanyi Indonesia yang telah lama berkecimpung di dunia musik global. Penyanyi era ’90-an ini memutuskan hijrah ke Perancis untuk mnembus pasar internasional. Anggun juga kerap menjadi juri di ajang pencarian bakat, seperti X Factor hingga Asia’s Got Talent.

Agnez Mo juga telah berhasil menembus panggung Hollywood dengan merilis single Coke Bottle di tahun 2014. Agnez sendiri telah membangun karirnya sejak dini sebagai penyanyi dan artis cilik Indonesia.

Selain itu, terdapat rapper muda asal Indonesia yang tak kalah terkenal. Rich Brian telah dikenal luas di Amerika Serikat. Melalui lagu Dat $tick miliknya, Rich Brian kemudian mendapatkan kontrak dengan 88rising dan dengan cepat dirinya dikenal luas dalam industri musik global. Rich Brian juga pernah mengisi soundtrack pada film-film Hollywood.

88rising juga menggaet musisi Indonesia lain yang tak kalah bersinarnya, Nicole Zefanya alias NIKI dan Stephanie Poetri yang telah terkenal luas di mancanegara. NIKI mengawali karirnya sebagai musisi pembuka di konser Taylor Swift di tahun 2014. Setelah itu, namanya melesat di berbagai belahan dunia, NIKI juga kerap kali mengisi soundtrack film Hollywood.

Sedangkan Stephanie Poetri mampu meraih pasar global karena single I Love You 3000 yang telah mendulang 425 juta stream yang terinspirasi dari film Iron Man.

Kemudian, juga ada rapper Warren Hue yang bergabung dalam 88rising. Perjuangan Warren Hue berawal dari dirinya yang mengunggah lagu Womp Womp di Soundcloud tahun 2018. Dia juga mencuri perhatian ketika tampil dalam Festival Musik Head in the Clouds Jakarta 2022 dan Coachella 2022.

Indonesia juga tidak kalah terkenal di dunia musik Korea atau K-Pop. Sosok Dita Karang tercatat sebagai salah satu Idol K-Pop bersama Secret Number di bawah label Vine Entertainment.

Selain Dita Karang, ada Zayyan yang juga menjadi perbincangan ramai di jagat K-Pop. Zayyan debut bersama boygroup One Cool Jasco Enterteainment, XODIAC. Zayyan juga pernah mengikuti ajang pencarian bakat RIsing Star Indonesia 2018 dan Indonesian Idol 2019.

Kabar terbaru datang dari Anastasya Poetri yang resmi bergabung dengan Musiversal, label musik asal Amerika Serikat. Anastasya Poetri merilis single Tune for Lovely Souls di tahun 2022. (BGS)