Sudah Dilantik, Berikut Profil Menkominfo Baru Budi Arie Setiadi

Jokowi Lantik Menkominfo

HebatIndonesia – Presiden Joko Widodo telah selesai melantik sejumlah nama untuk menjadi Menteri dan Wakil Menteri baru di dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin (17/7) pagi. Menteri dan wakil menteri baru itu mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden RI Jokowi didan sejumlah pejabat negara.

Salah satu nama yang menjadi sorotan pada agenda pelantikan pagi tadi adalah Budi Arie Setiadi, pria berusia 54 tahun itu dilantik sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Budi dilantik untuk menggantikan Menkominfo sebelumnya, Johnny G Plate, yang dinonaktifkan Jokowi karena tersangkut kasus korupsi proyek BTS dan infrastruktur BAKTI di Kominfo.

Budi merupakan pria kelahiran Jakarta, 20 April 1969. Dia merupakan alumni Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 1996

Setelah lulus sebagai sarjana ilmu komunikasi, Budi kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil S2 di jurusan Manajemen Pembangunan Sosial dan lulus pada tahun 2006.

Budi juga aktif berorganisasi selama masa kuliahnya. Dia pernah dipercaya memimpin gerakan mahasiswa sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI 1994 dan juga Presidium Senat Mahasiswa UI (1994/1995). Dia juga aktif mendirikan dan membina Forum Studi Mahasiswa (FSM) UI dan juga Kelompok Pembela Mahasiswa (KPM) UI.

Setelah lulus dari kampus, Budi memulai karirnya dengan bekerja sebagai jurnalis di mingguan Media Indonesia pada tahun 1994. Dia kemudian mendirikan mingguan bisnis Kontan bersama beberapa rekannya pada tahun 1996. Karena latar belakang aktivisnya, surat kabar Setiadi kerap memuat kritik pedas terhadap para pebisnis.

Setelah bekerja sebagai jurnalis hingga tahun 2001. Budi kemudian banting setir dan pindah ke perusahaan telekomunikasi, Mandiri Telekomunikasi Utama. Di Mandiri Telekomunikasi, Budi menjabat sebagai presiden direktur pada tahun 2001-2009. Budi juga sempat menjabat sebagai General Manager Tabloid Bangsa pada tahun 2008-2009.

Karir politik Budi dimulai kala dirinya menjadi Kepala Balitbang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta pada 2005-2010. Pada kurun waktu yang sama, Budi juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP.

Budi kemudian melanjut karir politiknya dengan mendirikan organisasi relawan pendukung Joko Widodo bernama Projo pada tahun 2013. Organisasi itu aktif bergerak mengumpulkan dukungan bagi Jokowi saat maju pada Pemilihan Presiden 2014 dan 2019. (EDW)

Sebelum ditunjuk sebagai Menkominfo, Budi juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Posisinya sebagai Wakil Menteri sekarang digantikan oleh Paiman Raharjo.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju

Menteri Komunikasi dan Informatika
Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika
Nezar Patria

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I
Rosan Perkasa Roeslani

Wakil Menteri Luar Negeri
Pahala Nugraha Mansury

Wakil Menteri Agama
Syaiful Rahmat

Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
Paiman Rahardjo