Erick Thohir: Renovasi JIS akan Mengikuti Rekomendasi FIFA

HebatIndonesia – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan bahwa renovasi Jakarta International Stadium (JIS) akan mengikuti rekomendasi yang telah diberikan FIFA.

Rekomendasi yang dimaksud Erick adalah yang tertulis pada surat yang dikirim Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) kepada PSSI pada 20 Juli lalu.

Dalam surat tersebut FIFA menyebut bahwa rumput di Jakarta International Stadium (JIS) harus segera diganti jika ingin digunakan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-17.

FIFA menilai bahwa rumput di lapangan JIS, yang menggunakan sistem tipe karpet dari bahan jenis organik dengan pengisi 60 mm, tak akan cocok digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

FIFA Senior Pitch Manager, Alan Ferguson dalam suratnya kepada PSSI, bahkan menyarankan PSSI untuk segera memperbaiki rumput di Jakarta International Stadium agar pertumbuhan rumputnya bisa maksimal saat digunakan pada kompetisi nanti.

“Saya mengusulkan perubahan ini harus dilakukan secepat mungkin untuk mendapatkan pertumbuhan rumput yang maksimal menjelang turnamen diselenggarakan.” tulis Alan Ferguson dalam suratnya kepada PSSI.

Menanggapi surat tersebut, Ketua PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa PSSI akan segera melakukan renovasi sesuai dengan arahan dan juga rekomendasi yang telah diberikan FIFA.

Erick berkata bahwa itu dilakukan sebagai bentuk komitmen PSSI yang telah dipercaya FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. PSSI sebagai LOC (Local Organizing Committee) harus berkomitmen untuk menyukseskan Piala Dunia U-17 2023.

“Terkait hasil laporan kondisi JIS, FIFA menyampaikan bahwa perlu dilakukan penggantian rumput beserta pemeliharaannya.” kata Ketum PSSI, Erick Thohir.

Tak hanya JIS, Erick juga berkata bahwa PSSI akan merenovasi enam hingga delapan stadion lain yang telah diajukan untuk venue Piala Dunia U-17 2023. Hal itu dilakukan karena rencana FIFA akan melakukan inspeksi pada 28 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

“Terkait hal tersebut, kami akan follow up, termasuk menerima kunjungan FIFA pada 28 Agustus nanti yang juga akan mengecek stadion-stadion yang kita usulkan untuk FIFA U-17.” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Tak hanya JIS, kami ingin ada enam hingga delapan stadion yang ada di seluruh Indonesia punya standar sesuai FIFA. Baik rumput maupun standar keamanan, kenyamanan, dan kelayakan untuk memanggungkan laga internasional.” tutup pria kelahiran 1970 itu (EDW)