Kenali Tujuh Manfaat Selada Air untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Selada Air
Foto: Halodoc

Hebat Indonesia – Selada air dikenal memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Selada air atau yang juga dikenal dengan selada romaine ini merupakan jenis sayuran hijau yang kaya nutrisi. Melansir dari Healthline, manfaat selada air untuk kesehatan antara lain:

1. Kaya akan Nutrien Esensial

Nutrien penting yang terkandung dalam selada air antara lain adalah vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan folat. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin K mendukung pembekuan darah dan kesehatan tulang, sementara vitamin C adalah antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh.

2. Sumber Serat yang Baik

Selada air juga memiliki kandungan serat pangan yang penting untuk pencernaan. Serat ini akan membantu mencegah terjadinya sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengontrol kadar gula darah. Selain itu, konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Dukung Jaga Kesehatan Jantung

Potasium yang ada dalam selada air dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan mendukung kesehatan jantung. Di sisi lain, selada air juga rendah kalori, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga berat badan dan mencegah obesitas, faktor risiko utama penyakit jantung.

4. Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Selada air mengandung antioksidan, seperti beta-karoten dan quercetin. Antioksidan dalam selada air ini berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit degeneratif.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selada air kaya akan Vitamin A. Vitamin A ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi selada air secara teratur, Anda dapat membantu mencegah masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

6. Mendukung Kesehatan Kulit

Selada air mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen yang penting untuk menyehatkan kulit. Konsumsi selada air dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

7. Membantu Hidrasi

Berat selada air sebagian besar didominasi oleh air. Kandungan air ini dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi ini sangat penting khususnya untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal, termasuk fungsi ginjal dan detoksifikasi.

Besarnya manfaat yang dikandung dalam selada air menjadikan sayuran ini sebagai opsi terbaik untuk dikonsumsi. Mengonsumsi selada air secara teratur dapat menjadi langkah kecil sekaligus signifikan untuk menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Untuk mendapatkan manfaat nutrisi lainnya, kombinasikan selada air dengan berbagai sayuran dan buah-buahan lain sehingga manfaatnya lebih besar dan lebih luas. (YLA)