Mengenal Sosok Srikandi di Balik Kisah Gadis Kretek

Ratih-Kumala-Gadis-Kretek

HebatIndonesia – Novel dengan judul Gadis Kretek tak hanya sukses dalam penjualannya. Novel yang diadaptasi ke layar Netflix tersebut menyuguhkan kisah yang mengagumkan. Ternyata novel ini merupakan karya seorang srikandi dan penulis yang bernama Ratih Kumala. Karya yang telah Ratih hasilkan mampu menyentuh hati para penikmatnya dengan cerita dan keragaman tema yang diusung.

Ratih dilahirkan di Jakarta pada 4 April 1980. Ratih Kumala bukan merupakan sosok baru dalam dunia sastra Indonesia. Ia terkenal sebagai penulis novel yang ahli dalam menciptakan karya pendek yang memukau. Ia pernah menimba ilmu pada jurusan Sastra Inggris di Universitas Sebelas Maret. Dari sinilah Ratih banyak mengeksplorasi dan mengembangkan bakatnya dalam menulis. 

Ratih juga terlibat dalam tim penulis Jalan Sesama, program televisi hasil adaptasi Sesame Street. Pengalaman yang Ratih miliki dalam dunia televisi, memberikan pengalaman yang mendalam terhadap kisah menghibur dan bermakna. Tak heran jika dalam karyanya terpancar aspek yang menjadi ciri khasnya.

Salah satu pencapaiannya adalah diluncurkannya novel Gadis Kretek. Novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada 2012. Novel ini tidak hanya berhasil memikat pada pembaca. Tapi meraih posisi sebagai salah satu finalis Kusala Sastra Khatulistiwa 2012, penghargaan sastra yang prestisius di Indonesia. 

Ratih memiliki beberapa karya lain seperti Genesis pada 2005, Larutan Senja pada 2006, Kronik Betawi pada 2009, Bastian dan Jamur pada 2015, hingga Wesel Pos pada 2018. Hal ini menjadi bukti bahwa Ratih piawai dalam merangkai diksi menjadi kisah yang apik. Ratih membuktikan bahwa dirinya merupakan sosok penulis yang mandiri dan memiliki kualitas atas karyanya. Keberhasilan novel Gadis Kretek semakin memperkuat posisinya sebagai penulis. 

Dengan bakatnya, Ratih terus berproses menjadi sosok yang memberikan kontribusi dalam dunia sastra Indonesia. Karyanya yang dapat memikat hati pembaca, menjadi bukti bahwa kehadiran Ratih dalam dunia sastra menjadi sebuah kebanggaan. (CHA)