Tak Banyak Diketahui, Ini Sejumlah Khasiat Tersembunyi Buah Kedondong

buah kedondong
Foto: shutterstock

HebatIndonesia Kedondong, dikenal pula sebagai ambarella atau june plum, adalah salah satu buah yang dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Buah yang menawarkan rasa segar dan asam ini kerap kali dijadikan bahan campuran pada beberapa makanan khas Indonesia, seperti rujak maupun lotis. Walaupun begitu, nampaknya tak banyak yang menyadari jika buah kedondong mengandung berbagai macam nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Sebagaimana dilansir dalam laman kesehatan Medindia, berikut sejumlah khasiat yang diperoleh dari mengonsumsi buah kedondong:

Meningkatkan sistem imun

Tingginya kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kedondong mampu mendukung sistem pertahanan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Merawat kesehatan kulit

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C dalam buah kedondong juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C sebagai antioksidan dapat membantu mencegah penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen, memelihara kelembaban kulit, dan menjaga elastisitas kulit.

Melancarkan saluran pencernaan
Di samping vitamin C, kedondong juga mengandung serat tinggi yang sangat berperan baik untuk sistem pencernaan. Di antaranya ialah membantu mengurangi potensi terjadinya sembelit, membenahi fungsi usus, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Menyediakan sumber energi bagi tubuh

Kandungan karbohidrat dalam buah kedondong, termasuk glukosa dan fruktosa, dapat memberikan energi langsung pada tubuh. Dengan begitu, buah ini aman untuk dijadikan camilan sehat yang dapat menjaga stamina sepanjang hari.

Memelihara kesehatan mata

Beta-karoten, yang berperan sebagai provitamin A, pada buah kedondong juga bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan.

Menyeimbangkan fungsi jantung

Sejumlah senyawa seperti antioksidan, kalium, dan serat yang terdapat dalam buah kedondong mampu membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kalium juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

Kendati memiliki banyak khasiat, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kedondong dengan jumlah yang seimbang sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. Bila perlu, hal ini dapat dikonsultasikan terlebih dulu dengan tenaga kesehatan terkait apabila sekiranya memiliki riwayat penyakit tertentu. (N.A)