Rayakan Hari Anak Sedunia, Agoda Ciptakan Buku Berbasis Gen AI

Maya and the Secret World of Agoda
Foto: Istimewa

HebatIndonesia – Hari Anak Sedunia diperingati pada tanggal 20 November. Untuk merayakan hari spesial iu, platform perjalanan digital Agoda menghadirkan kejutan istimewa berupa buku anak-anak unik dan inspiratif berjudul “Maya and the Secret World of Agoda”. Menariknya, buku tersebut menggunakan teknologi Generative Artificial Intelligence (Gen AI) dengan keterlibatan ChatGPT dan Midjourney.

Sebagai platform perjalanan berbasis teknologi, Agoda memilih memanfaatkan kecerdasan buatan untuk merancang naskah dan desain visual dari buku tersebut. Untuk memastikan kualitas dan relevansi buku, tim pemasaran bekerja sama dengan tim pemasaran dan penerjemah sehingga buku ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna melalui platform Agoda. 

Isi Buku

Buku setebal 24 halaman itu berisikan kisah petualangan seorang anak perempuan dengan nama Maya. Kisah dalam buku ini dimulai ketika Maya berkunjung ke Kantor Agoda di Bangkok untuk menemui sang ibu. Kisah itu memulai suatu perjalanan yang membawa pembaca ke dalam dunia rahasia. 

Tidak hanya memberikan kisah hiburan, tetapi buku ini juga memperkenalkan konsep-konsep teknologi melalui karakter-karakter menarik. Dengan demikian, buku ini memiliki dua manfaat sekaligus, yakni sebagai hiburan sekaligus sebagai sarana edukasi khususnya bagi anak-anak yang tertarik dengan dunia teknologi.

Dukung Anak-anak Nikmati Teknologi

Proses kreatif buku “Maya and the Secret World of Agoda” menjadi bukti nyata dedikasi Agoda dalam mengembangkan teknologi sekaligus untuk menginspirasi generasi muda. Idan Zalzberg, Chief Technology Officer Agoda, mengatakan bahwa pembuatan buku ini menjadi salah satu proyek yang menyenangkan. Sebab, proyek ini akan mendukung anak-anak mengeksplorasi dan menikmati teknologi.

Zalzberg menekankan bahwa Agoda serius dalam mengembangkan Gen AI, salah satunya melalui buku ini. Ia juga menyoroti kontribusi Gen AI dalam pengembangan fitur baru di platform Agoda, termasuk pengalaman pelanggan yang lebih efektif. Kendati demikian, Zalzberg tidak memungkiri bahwa proses penciptaan buku ini masih bisa ditingkatkan dengan keterlibatan manusia. 

Saat ini, buku “Maya and the Secret World of Agoda” kini telah dapat diunduh dan dinikmati secara gratis di situs resmi Agoda, yakni ago-da.co/aibook. Terdapat berbagai pilihan bahasa, termasuk bahasa Inggris, Thailand, Jepang, Simplified Chinese, Traditional Chinese, bahasa Indonesia, bahasa Malaysia, Korea, dan Vietnam.

 Adanya inovasi ini menunjukkan bahwa Agoda tidak hanya menjadi platform perjalanan terdepan, tetapi juga berkontribusi dalam menginspirasi dan mendidik generasi masa depan dalam memahami dan mencintai dunia teknologi.