Tidak Hanya Indonesia, Ini Dia Daftar Bahasa Resmi dalam Forum UNESCO

Logo Unesco

HebatIndonesia – Bahasa Indonesia telah resmi ditetapkan sebagai bahasa dalam forum sidang umum organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB, yakni UNESCO. Penetapan berlangsung saat Sidang Umum ke-24 UNESCO di Markas Besar UNESCO Paris, Prancis, pada Senin (20/11/2023).

Tidak hanya bahasa Indonesia, terdapat bahasa negara lain yang juga turut ditetapkan sebagai bahasa resmi dalam forum UNESCO. Penetapan itu didasarkan pada berbagai kriteria, termasuk jumlah penutur dan persebaran bahasa. Adapun bahasa-bahasa itu di antaranya adalah:

Mandarin

Jumlah penutur asli dari bahasa ini mencapai 1,31 miliar orang. Bahasa ini juga populer di mancanegara, terbukti dengan jumlah penuturnya di luar Tiongkok total sekitar 1,4 miliar orang. 

Inggris

Bahasa yang satu ini sudah tidak diragukan lagi eksistensinya. Bahasa Inggris memiliki jumlah penutur terbanyak di dunia. Tidak hanya itu, bahasa ini juga dijadikan bahasa resmi oleh 45 negara dan memiliki jumlah penutur mencapai 1,45 miliar orang.

Rusia

Bahasa Rusia memiliki jumlah penutur sebesar 117,72 juta orang. Jumlah yang begitu besar ini menjadikan bahasa Rusia sebagai bahasa resmi dalam forum atau konferensi UNESCO. Bahasa Rusia ini digunakan oleh masyarakat Rusia, Belarus, Kyrgyzstan, dan 19 negara lainnya.

Prancis

Bahasa Prancis digunakan oleh lebih dari 98,4 juta orang dalam skala dunia. Selain itu, bahasa ini juga digunakan sebagai bahasa resmi di 39 negara, sehingga bahasa ini pantas dijadikan bahasa resmi dalam konferensi UNESCO.

Spanyol

Lebih dari 117,43 juta orang di dunia menuturkan bahasa Spanyol. Sebanyak 21 negara di dunia juga menjadikan bahasa ini sebagai bahasa resmi. Negara dengan penutur bahasa Spanyol terbesar adalah Meksiko.

Hindi

Bahasa resmi negara India ini juga dijadikan sebagai bahasa resmi di forum UNESCO. Bahasa ini pantas digunakan sebagai bahasa resmi mengingat penyebaran warga India yang mendunia menjadikan bahasa ini populer dan tak asing didengar oleh masyarakat.

Arab

Bahasa Arab memiliki lebih dari 372 penutur. Bahasa ini dijadikan bahasa resmi oleh 25 negara di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Italia

Penutur bahasa Italia mencapai lebih dari 68 juta jiwa. Selain itu, bahasa ini jg=uga digunakan di beberapa negara lainnya, seperti Swiss.

Portugis

Sejumlah 223 juta jiwa menggunakan bahasa ini. Bahasa Protugis juga resmi digunakan pada beberapa negara, seperti Portugal, Brasil, Angola, Mozambik, dan lainnya.