Menakjubkan, Museum Keris Nusantara Peroleh Puluhan Koleksi Senjata Pusaka

Penyerahan Puluhan Koleksi Keris
Foto: Solopos.com

HebatIndonesia Museum Keris Nusantara menerima puluhan senjata pusaka di tengah berlangsungnya acara Media and Vlogger Gathering Serira pada Jumat malam (24/11/2023). Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Siti Khotijah (Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo), Bonita Rintyowati (Kepala UPTD Museum Kota Solo), komunitas pecinta keris, dan jurnalis maupun vlogger di Kota Bengawan.

Bonita mengungkapkan bahwa salah satu pihak yang menghibahkan senjata-senjata ini ialah keluarga mendiang Menteri Perindustrian Kabinet Pembangunan III masa Orde Baru, Abdoel Raoef Soehoed. Dalam kesempatan ini, Midiningsih selaku ahli waris keluarga menyerahkan sumbangan berupa 30 senjata tradisional yang meliputi keris, tombak, hingga senjata asli dari Zambia, Afrika.

Midiningsih menyatakan bahwa senjata pusaka tersebut merupakan koleksi pribadi favorit almarhum. Oleh karena para ahli waris merasa kesulitan dalam merawatnya, mereka akhirnya memutuskan untuk memberikannya ke Museum Keris Nusantara dengan harapan agar menjadi tambahan koleksi berharga bagi museum.

Tidak hanya keluarga Abdoel Raoef Soehoed, keluarga Imelda asal Solo turut berkontribusi dengan menghibahkan 10 keris ke Museum Keris Nusantara. Museum Keris Nusantara juga memperoleh satu keris yang telah ditempa selama enam bulan sebagai sumbangan untuk menambah ragam koleksi mereka.

Meski begitu, Bonita menjelaskan bahwa berbagai senjata tradisional yang diberikan oleh anggota komunitas maupun masyarakat tetap harus melewati proses kurasi untuk dapat dipastikan kelayakannya sebelum dipamerkan.

Acara ini merupakan bagian dari Pameran Keris Nusantara yang digelar pada 22 November – 28 November 2023 dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan memperkenalkan keris beserta sejarah persebarannya di Indonesia. Bonita menyampaikan bahwa agenda tersebut merupakan sebuah upaya dalam mengubah citra museum sebagai tempat yang menyenangkan dan nyaman, khususnya bagi anak muda. (N.A.)