Penganugerahan KPI Diharapkan Jadi Tolok Ukur Kualitas Lembaga Penyiaran Tanah Air

Logo KPI

HebatIndonesia – Gelaran anugerah atau penghargaan yang selama ini diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) diharapkan bisa menjadi tolok ukur bagi lembaga penyiaran dalam menyajikan program berkualitas. Hal itu disampaikan oleh Tulus Santoso, Anggota KPI Pusat Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran pada media dalam acara KPI Awards 2023 di Jakarta, Minggu (26/11/2023).

“Selama ini mungkin KPI identik sebagai lembaga yang mengawasi televisi dan radio, serta terkait pula dengan pemberian sanksi bila ada pelanggaran yang dilakukan oleh lembaga penyiaran terkait konten-konten yang disiarkan. Tetapi selain menegakkan aturan, kami juga menjalankan amanat Undang-undang Penyiaran No.32 tahun 2002 agar konten-konten siaran yang ditayangkan televisi dan disiarkan radio sesuai dengan aturan main yang ada,” tuturnya.

Lebih lanjut, Tulus menuturkan bahwa selain melakukan pengawasan atas jalannya peraturan, KPI juga memberikan penghargaan setidaknya sebanyak tiga kali setiap tahun. 

“Pertama adalah Anugerah Syiar Ramadhan, lalu ada Anugerah Penyiaran Ramah Anak. Keduanya sudah kami laksanakan pada kesempatan sebelumnya. Terakhir adalah KPI Awards 2023 yang merupakan anugerah secara keseluruhan. Harapannya, anugerah-anugerah ini bisa menjadi semacam tolok ukur bagi lembaga penyiaran untuk kemudian menghadirkan tayangan-tayangan atau siaran berkualitas,” ungkap Tulus.

Beragam anugerah yang diberikan oleh KPI sekaligus menjadi rekomendasi bagi masyarakat dalam memilih dan memilah tayangan atau siaran radio yang layak ditonton dan diperdengarkan. Ia berharap, penghargaan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas program yang sesuai dengan aturan berlaku. “Harapan kami akan semakin banyak lagi program yang dibuat memenuhi aturan yang berlaku dan berkualitas, sehingga publik bisa mendapatkan banyak pilihan tayangan atau siaran,” imbuhnya.

Kali ini, KPI Awards 2023 mengusung tema “Ecobroadcasting – Peduli Lingkungan Melalui Penyiaran”. Ini menjadi ajang tertinggi apresiasi KPI kepada lembaga penyiaran, pemerintah daerah, KPID, dan insan penyiaran yang telah memberikan sumbangsihnya pada dunia penyiaran di Tanah Air.

Terdapat 25 kategori dalam perhelatan ini. Sementara itu, dewan juri yang dilibatkan terdiri atas anggota Komisi I DPR RI, anggota KPI Pusat, perwakilan Kementerian dan Lembaga, serta perwakilan masyarakat.

Sebagai tambahan, di tahun ini KPI menerima sebanyak 469 materi lomba program siaran yang terdiri dari 213 program siaran TV dan 256 program siaran radio. Semua materi tersebut telah lulus uji awal dan verifikasi. Sementara itu, untuk pengumuman akan disampaikan pada puncak anugerah yang disiarkan secara langsung oleh LPP TVRI pada Minggu (26/11/2023) malam. (YLA)