Intip Makanan Sehat yang Baik untuk Kondisi Jantung!

Ilustrasi ikan salmon
Foto: Freepik

HebatIndonesia – Mengetahui makanan-makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung sangat penting. Jantung merupakan organ otot berongga yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh, menyediakan oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh, serta membuang produk limbah dari tubuh.

Kesehatan jantung yang baik dapat tercermin dari fungsi optimal jantung dan sistem peredaran darah. Faktor-faktor seperti pola makan, tingkat aktivitas, dan faktor genetik dapat memengaruhi kondisi jantung.

Adalah penting untuk mengenali beberapa nutrisi yang berkontribusi pada kesehatan jantung. Berikut adalah daftar nutrisi yang esensial untuk menjaga kesehatan jantung:

Ikan Salmon dan Tuna

Kedua ikan ini mengandung omega-3, lemak sehat yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko gangguan irama jantung.

Minyak Zaitun

Minyak ini mengandung antioksidan yang melindungi pembuluh darah. Menggantikan lemak jenuh dengan minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kenari dan Almond

Mengonsumsi segenggam kecil kacang ini secara rutini dapat menurunkan kadar kolesterol dan melindungi arteri jantung dari peradangan. Terlebih lagi, kenari juga kaya akan omega-3.

Jeruk

Buah ini kaya serat anti-cholesterol dan potasium, serta mampu membantu mengontrol tekanan darah.

Alpukat

Buah ini mampu menyediakan lemak sehat yang menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Coklat Hitam

Konsumsi coklat hitam dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Tipsnya, pilih coklat hitam dengan setidaknya 70% kakao.

Yogurt Rendah Lemak

Produk susu ini tidak hanya menjaga kekuatan tulang, tetapi juga membantu mengontrol tekanan darah. Pilihlah yogurt yang rendah lemak sehingga dapat meningkatkan asupan kalsium dan mengurangi lemak.

Buah Ceri

Buah ini mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran hijau ini kaya vitamin, mineral, dan nitrat yang membantu melancarkan aliran darah ke jantung. Contohnya adalah bayam, selada, arugula, bok choy, dan sawi.

Kacang Hitam

Kacang hitam kaya antioksidan, folat, dan magnesium yang dapat menurunkan tekanan darah. Pastikan untuk membilas kacang hitam kalengan untuk mengurangi kadar garam.

Tentu saja mengonsumsi jenis-jenis makanan di atas saja tidak cukup. Untuk menjaga kesehatan jantung, hal-hal lain seperti menjaga berat badan yang sehat, mengelola stres, berhenti merokok, dan menjalani gaya hidup aktif juga penting untuk menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. (YLA)