Kementerian BUMN Luncurkan Vending Machine untuk UMKM sebagai Upaya Atasi Masalah Pemasaran Produk

Vending Machine UMKM di BUMN

HebatIndonesia – Sebagai upaya memberi solusi atas masalah pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyediakan vending machine atau mesin penjual otomatis.

Aria Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN, menyatakan bahwa ide penyediaan vending machine berasal dari Menteri Erick Thohir. Ide itu bermula dari munculnya pertanyaan-pertanyaan dari pelaku UMKM di setiap daerah tentang pemasaran produk.

“Kita melihat bahwa di China hampir setiap tempat dilengkapi dengan vending machine, bahkan untuk mainan anak. Pak Menteri melihat ini sangat menarik,” ujar Arya saat peluncuran vending machine BUMN di Jakarta pada hari Senin (27/11/2023).

Vending machine pertama untuk produk UMKM ini telah ditempatkan di Kementerian BUMN. Harapannya, tempat-tempat publik lain seperti stasiun kereta api, bandara, pelabuhan, rest area, dan yang lainnya juga dapat disediakan vending machine. “Kita berharap bahwa nantinya di semua area publik, kita dapat membuat hal seperti ini, sehingga UMKM kita dapat berjualan di berbagai tempat seperti bandara, pelabuhan, rest area, stasiun kereta api. Kalau mungkin, di setiap kantor juga dapat ada yang serupa dengan ini,” kata Arya.

Sementara itu, Muhammad Candra Utama, Senior Executive Vice President (SEVP) BRI, menyampaikan bahwa vending machine UMKM ini akan diisii makanan ringan dari 11 UMKM yang didukung oleh Rumah BUMN di wilayah Jakarta. Mesin ini menyediakan 150 produk dari 19 jenis makanan ringan.
Lebih lanjut, Candra menerangkan bahwa saat ini vending machine hanya menyajikan makanan ringan dan siap saji yang dikemas. Sebab, jenis produk tersebut lebih tahan lama dibandingkan dengan minuman.”Untuk saat ini, vending machine hanya menyajikan makanan ringan dan siap saji yang dikemas. Sebab, jenis produk tersebut lebih relatif tahan lama dibandingkan dengan minuman. Adapun untuk produk selanjutnya, kita bisa mengembangkan juga produk minuman, serta produk kreatif lainnya. Ini adalah tahap awal dari proyek ini,” pungkas Candra. (YLA)