Jadi Tuan Rumah, UNAIR Siap Sukseskan AUG 2024

Gedung ACC (sumber: unair ac)

Hebat Indonesia Universitas Airlangga (UNAIR) terpilih menjadi salah satu tuan rumah pada gelaran kompetisi olahraga mahasiswa se-Asia Tenggara ASEAN University Games AUG 2024. 

Gelaran AUG 2024 akan diikuti oleh negara-negara yang berada di bawah ASEAN University Sport Council (AUSC). Negara-negara itu diantaranya Indonesia, Thailand, Myanmar, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei, dan Timor Leste. 

Direktur Kemahasiswaan UNAIR, Prof Dr M Hadi Subhan SH MH CN menyatakan bahwa UNAIR siap dalam menyambut dan mensukseskan  AUG 2024 pada 25 Juni hingga 6 Juli mendatang. 

Guru besar Fakultas Hukum itu juga menegaskan bahwa UNAIR telah menyiapkan segala sarana prasarana untuk AUG 2024 nanti. Nantinya akan ada enam negara yang akan berlaga di UNAIR dalam dua cabor, yakni judo dan basket 3×3.

“Alhamdulillah, kami sudah menyiapkan sarana dan prasarana secara koordinatif dengan kepanitiaan nasional,” tutur Prof Hadi.

Meski baru pertama menjadi penyelenggaraan pada ajang AUG 2024, tetapi Prof Hadi mengatakan bahwa tidak ada kendala selama persiapan sebab UNAIR memang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan bertaraf internasional.

“Tetapi pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang diselenggarakan di tingkat nasional. Apalagi sebelumnya, beberapa kali UNAIR juga membidangi kegiatan nasional,” tambahnya.

Prof Hadi juga memastikan bahwa UNAIR siap melakukan berbagai upaya untuk mensukseskan kegiatan AUG 2024 ini. Pasalnya, kali ini UNAIR tidak hanya membawa nama perguruan tinggi, tetapi juga nama Indonesia. 

“Untuk itu, kita akan bersungguh-sungguh dan berharap kegiatannya akan berjalan lancar. Sejauh ini sudah secara maksimal dan tidak ada kendala berarti selama persiapan AUG,” tutur Prof Hadi.

Sementara itu, terkait kepanitiaan, Prof Hadi berkata bahwa akan ada kepanitiaan yang bersifat lokal dan nasional. Kepanitiaan lokal adalah kepanitiaan yang berasal dari UNAIR sendiri.

“Kemudian juga ada kepanitiaan nasional di bawah koordinasi UNESA yang bertugas menjadi ketua umum panitia AUG nasional. Sementara itu, panitia lokal tentunya melibatkan lintas sektor dan direktorat, sarana dan prasarana, logistik, kemahasiswaan, dan direktorat lain yang supporting kegiatan ini,” ujarnya.

Baca Juga: Raih Penghargaan Internasional, UNAIR Peringkat Pertama dalam Pemberantasan Kemiskinan