Alasan Ashanty Memilih Universitas Airlangga Menjadi Pilihannya untuk Studi S3

Ashanty Unair

Penyanyi berusia 38 tahun, Ashanty, melanjutkan program pendidikan S3 di Universitas Airlangga. Dia dinyatakan lulus dan diterima sebagai mahasiswa program doktor jurusan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Sekolah Pasca Sarjana di Universitas Airlangga, Surabaya, untuk tahun pendidikan 2023.

Dengan bangga, Ashanty mengungkapkan rasa bahagianya ketika diterima di Universitas Airlangga.

“Alhamdulillah Aku ada berita baru, Aku diterima S3 di Universitas Airlangga jurusan sumber daya manusia. Nggak mudah loh masuk situ,” ujar Ashanty dalam vlog The Hermansyah.

Lika-liku Ashanty saat mengikuti alur proses pendaftaran di Universitas Airlangga ternyata memang tidak mudah. Dia mengaku bahwa saat proses wawancara dan tes online pun ketika masih berada di bandara Jepang. Salah satu pertanyaan wawancara yang diingat adalah ketika ditanya alasannya untuk melanjutkan S3.

“Dedikasi saya bukan buat diri sendiri, tapi untuk masyarakat dan orang lain yang benar-benar membutuhkan,” lanjut Ashanty.

Ashanty memiliki alasan khusus dalam mengambil jurusan tersebut. Dia mengaku bahwa ingin fokus dalam pengelolaan yayasannya yang sudah didirikan sejak lama. Yayasan Sosial Passion of Love yang bergerak di bidang perempuan dan anak, menjadi ruang aktualisasi Ashanty untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dari studi S3 di Universitas Airlangga.

“S3-nya juga sumber daya manusia, jadi cocok dengan apa yang aku lakukan sekarang,” lanjuntya.

Anang Hermansyah yang merupakan suami dari Ashanty pun memberikan dukungan penuh terhadap istrinya.

Rekam jejak pendidikan Ashanty pun juga menunjukkan bahwa dirinya memiliki gairah lebih dalam dunia pendidikan. Dia lulus dari S1 jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Politik di Universitas Paramadina serta S2 Manajemen Bisnis di Binus University.

Ashanty juga tidak sembarangan dalam memilih jenjang lanjutan pendidikannya. Pakar Komunikasi, Universitas Airlangga, Suko Widodo, mengaku bahwa Ashanty sempat berkonsultasi sebelum mengikuti serangkaian tes, proposal, rancanangan disertasi, dan meminta bimbingannya ketika kelak menjalani dunia perkuliahan.

“Saya sempat komunikasi dengan Mbak Ashanty dan Mas Anang. Saya sarankan ikut pendaftaran sebagai mahasiswa baru sesuai prosedur, termasuk rangkaian tes. Alhamdulillah dinyatakan lulus dan diterima,” ujar Suko Widodo.
Selain Ashanty, terdapat beberap figur nasional yang memilih Universitas Airlangga sebagai tempat melanjutkan pendidikan mereka. Diantaranya ada Agus Harimurti Yudhoyono yang mengambil program doktor PSDM. Kemudian, Khofifah Indar Parawansa yang telah menyelesaikan program S1 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (1984-1991). Selain itu, terdapat Putri Indonesia 2014, Elvira Devinamira, sebagai wisudawati berprestasi Fakultas Hukum di tahun 2017. (EDW)