TikTok Music Akan Segera Rilis di Indonesia dan Brasil

Tiktok Musik

ByteDance LTd., perusahaan teknologi asal China yang merupakan induk dari TikTok akan merilis platform musik terbaru. TikTok Music akan segera dirilis di Indonesia dan Brasil sebagai layanan streaming musik premium. Aplikasi tersebut dapat menjadi saingan baru bagi Spotify dan Apple Music.

Dilansir dari Reuters ByteDance telah meluncurkan aplikasi TikTok pada 6 Juli 2023 lalu. TikTok Music sudah tersedia dan dapat diunduh di Google Play Store dan Apps Store.

Keputusan yang diambil ByteDance ini karena akan segera dihentikannya layanan streaming musik Resso mulai 5 September 2023 di Indonesia dan Brasil. Resso rencananya akan mempertahankan operasinya hanya di India.

Di akhir tahun 2022, ByteDance berencana memperluas layanan streaming musiknya. Pemimpin pasar streaming musik saat ini masih dipegang oleh Spotify.

Untuk harga layanan, TikTok Music mematok harga Rp44.900 per bulan untuk paket individu, sedangkan khusus pengguna iOS seharga Rp49.000.

Kemudian, untuk paket pelajar, berada di harga Rp24.500 per bulan dan Paket Keluarga dengan harga Rp79.000 per bulan.

TikTok Music sendiri akan memanfaatkan performa TikTok untuk memasarkan aplikasi streaming musiknya. Layanan tersebut akan terintegrasi dengan TikTok, sehingga pengguna dapat segera menikmati lagu-lagu trenfing TikTok dan membagikannya dengan mudah.

Di lain sisi, langkah yang diambil kompetitornya, Spotify, justru akan menambah fitur baru berupa video musik. Upaya yang diambil Spotify adalah untuk bersaing dengan penyedia layanan konten audio visual seperti TikTok dan Youtube. Selain itu, target market dari Spotify juga mulai menyasar Gen Z, yang lebih aktif pada platform konten audio visual. (BGS)